Pengertian SBN dan Keuntungannya

Pernah dengar Surat Berharga Negara (SBN) atau Surat Hutang Negara? Cek di sini untuk mengetahui apa saja manfaatnya!

Pengertian SBN dan Keuntungannya

Sumber Gambar : Tribunnews

Belakangan ini asuransi dan investasi sedang menjadi topik yang hangat diperbincangkan karena orang menjadi sadar pentingnya asuransi bagi diri dan keluarga, juga betapa menguntungkannya investasi untuk tabungan masa depan. Produk asuransi terbaik 2019 adalah asuransi kesehatan, asuransi kendaraan, asuransi jiwa, asuransi pendidikan dan lain sebagainya.

Sedangkan produk investasi terbaik pada saat ini contohnya adalah reksadana, Surat Berharga Negara (SBN), Savings Bond Ritel (SBR), dan lain sebagainya. Surat berharga negara yaitu produk investasi untuk warga negara Indonesia, yang diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah. Oleh karena itu produk investasi ini aman dan menguntungkan.

Keuntungan SBN

Keamanan yang terjamin

Dengan menggunakan produk investasi SBN, keamanan investasi Anda terjamin karena produk ini diterbitkan dan dijamin oleh pemerintah dan diatur dalam Undang Undang no.24 tahun 2002 tentang surat berharga negara yang berbunyi pemerintah wajib membayar bunga dan pokok setiap Surat Berharga Negara (SBN) pada saat jatuh tempo.

Surat Berharga Negara

Dapat diakases secara online

Pada jaman sekarang ini semua hal bersifat cepat, mudah dan serba elektronik. Surat berharga negara ini juga bisa diakses dan diproses secara online, sehingga mempermudah transaksi dan pemantauan yang akan dilakukan. Prosesnya hanya akan berlangsung kurang dari 15 menit saja.

Bisa diambil lebih awal

Masa investasi adalah selama 2 tahun. Pada produk investasi lainnya, dana tidak akan bisa diambil sebelum masa investasi habis. Namun pada investasi surat berharga negara, dana bisa diambil lebih awal yaitu 1 tahun setelah pembelian dengan jumlah pengambilan 50 persen tanpa mengurangi keuntungan yang akan didapatkan.

Ikut berkontribusi untuk negara

Dengan membeli produk investasi yang dibuat oleh negara, Anda ikut berpartisipasi dalam pembangunan negara. Anda menjadi investor bagi negara Indonesia dalam melakukan pembangunan jalan, sekolah, dan lain sebagainya. Jika investor dari dalam negeri sudah banyak maka Indonesia tidak lagi membutuhkan investor asing. 

Baca Juga  Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah

Keuntungan yang menarik

Bunga dari produk investasi ini adalah kurang lebih 6 persen tiap tahunnya. Jika Anda menginvestasikan 10 juta, maka tiap tahunnya Anda akan mendapatkan keuntungan sebesar 750ribu, dan dalam 2 tahun keuntungan Anda menjadi 1,5 juta. Hal lebih lanjut mengenai SBN dapat Anda baca di https://id.tanamduit.com/sbn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *