Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah

Pentingnya Pendidikan Karakter Siswa di Sekolah

Berita dunia pendidikan Indonesia masih sering diwarnai dengan kabar mengejutkan dari perilaku tidak baik para siswa. Ini tentu sangat mencoreng nama bangsa yang sejak dulu menerapkan karakter budi pekerti, sopan santun dan saling menghormati. Melihat maraknya pemberitaan negatif dalam dunia pendidikan ini pasti membuat kita berpikir, seberapa penting pendidikan karakter di sekolah?

Berita mengenai kenakalan remaja mulai dari keluyuran atau bolos sekolah, kekerasan di lingkungan sekolah hingga tawuran antar sekolah kian menjadi bukti bahwa karakter anak bangsa kini semakin melorot. Hal ini juga yang mendasari nilai-nilai pendidikan karakter sekarang dimasukkan ke dalam kurikulum sekolah sesuai panduan dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Dimasukkannya nilai-nilai pendidikan karakter dalam kurikulum ini bertujuan untuk menanamkan karakter yang baik agar siswa menjadi pribadi yang membanggakan. Sesuai dengan budaya bangsa Indonesia yang berbudi luhur serta tidak mudah terpengaruh oleh hal negatif yang diterima seiring dengan kemajuan jaman.

Pendidikan Karakter di Sekolah
Pendidikan Karakter di Sekolah

Memang tidak bisa disangkal jika media massa berpengaruh besar dalam pembentukan karakter. Itu sebabnya orang tua dan sekolah menjadi ajang dalam sarana pendidikan anak untuk mendidik karakter yang utama. Mulai dari gaya bicara pada sesama teman, pada orang yang lebih tua atau pada guru. Serta pemahaman akan apa yang boleh ditiru dengan yang tidak.

Pendidikan karakter siswa sebenarnya tidak cukup hanya dengan dilakukan di sekolah. Meski sebagian besar waktu anak dihabiskan di lingkungan sekolah, tapi peran orang tua dalam mengajarkan dan mengawasi kelakuan anak selama di rumah juga penting. Itu sebabnya pendidikan karakter bagi siswa di sekolah dan di rumah sama-sama penting untuk membentuk pribadi yang baik.

Namun disamping itu, yang paling utama adalah pemberian contoh atau keteladanan yang baik. Mengajarkan gotong royong, tolong menolong, bermusyawarah serta ramah tamah pada semua orang. Peran peneladanan ini tidak hanya untuk pendidikan di sekolah tapi juga untuk setiap orang dewasa yang ada disekitar.

Dengan pengajaran pendidikan di sekolah dan keteladanan dari orang tua, karakter anak pasti menjadi lebih baik. Bukan hanya sebagai peserta didik atau siswa saat di sekolah, sikap selama berada di luar sekolah juga akan lebih berbudaya. Dengan begitu, berita dunia pendidikan Indonesia pasti akan lebih didominasi dengan prestasi membanggakan dari generasi penerusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *