Polusi Udara dan Bahayanya

Polusi Udara dan Bahayanya

Polusi udara merupakan salah satu penyebab berbagai macam penyakit. Hal ini bisa terlihat dari semakin tingginya jumlah Allianz Klaim asuransi kesehatan dari masyarakat yang tinggal di area yang memiliki udara tercemar dalam kondisi yang cukup parah. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai bahaya polusi udara, ada baiknya kita membahas lebih dalam terlebih dahulu tentang polusi udara.polusi udara

Menurut situs dokter.id, polusi udara adalah suatu bentuk yang mengacu pada kontaminasi pada udara, baik itu di dalam maupun luar ruangan. Kontaminasi yang terjadi bisa akibat fisik, biologis, maupun kimia yang terjadi di udara dan mengubah karakteristiknya bisa dikatakan sebagai atmosfer. Hingga saat ini, masalah polusi udara menjadi salah satu masalah lingkungan terbesar di dunia dan sudah dinyatakan secara resmi oleh World Health Organization (WHO).

Menurut situs alodokter, polusi udara dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Hal ini wajar mengingat udara akan masuk ke dalam sistem pernapasan saat bernapas. Namun ternya, ada juga beberapa penyakit lain yang semakin meningkat risikonya jika polusi udara di sekitar Anda cukup tinggi, antara lain:

  • Penyakit jantung
  • Kelahiran prematur (pada ibu hamil)
  • Kanker

Selain itu, polusi udara juga bisa meningkatkan risiko seseorang menderita stroke, penyakit yang tidak hanya bisa menyebabkan penderitanya mengalami keelumpuhan, tetapi juga kematian. Terutama jika orang di sekitarnya tidak memahami FAST sebagai pertolongan pertama pada penderita stroke, maka dampak dari penyakit ini akan semakin besar. Sangat mengerikan, kan?

Sayangnya, masalah polusi udara bukan hal yang mudah untuk ditangani. Bahkan meskipun hal ini sudah menjadi perhatian WHO sekalipun. Sebab, penyebab terjadinya polusi udara adalah berbagai hal yang berada di sekitar Anda. Bahkan, beberapa di antaranya adalah sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan Anda, seperti:

  1. Kendaraan bermotor

Kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor, menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat saat ini sebagai alat transportasi. Padahal, asap pembuangan dari kendaraan ini adalah penyumbang polusi yang cukup besar, khususnya jika perawatan mesinnya tidak dilakukan secara baik dan tepat.

  1. Hasil industri

Banyak sekali produk industri yang dibutuhkan oleh kita, seperti atap rumah, produk kecantikan, keramik, dan sebagainya. Sayangnya, dalam proses pembuatannya industri tersebut akan menghasilkan asap yang termasuk ke dalam pencemaran udara.

  1. Kebutuhan rumah tangga

Suka menggunakan parfum? Atau obat serangga baik yang disemprot maupun yang dibakar? Semuanya sebenarnya termasuk ke dalam jenis zat yang dapat mencemari udara.

Selain ketiga hal di atas, sebenarnya masih ada sangat banyak. Inilah yang menjadi alasan mengapa masalah polusi udara menjadi hal yang cukup sulit untuk diselesaikan. (Vita)

One thought on “Polusi Udara dan Bahayanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *