Tips Membersihkan Ruang Mesin yang Benar dan Aman

Bagaimana tips membersihkan ruang pada mesin mesin mobil yang aman dan benar? Simak di sini

Membersihkan Ruang Mesin Mobil

(sumber : OtoDriver)

Tips otomotif, OTO Tips – Bicara ruang pada bagian mesin mobil adalah bagian dari perawatan mobil untuk membuat mesin mobil tidak bermasalah dan tetap terawat. Ruang mesin sendiri merupakan salah satu area pada mobil yang sangat jarang untuk dibersihkan oleh pemiliknya. Padahal, jika rajin dibersihkan maka tentu kondisi pada komponen akan tetap terjaga. Untuk itu berikut ini kami rangkum tips membersihkan ruang mesin yang benar dan aman.

Walaupun membersihkan ruang mesin terlihat mudah, namun ada beberapa yang perlu anda perhatikan dengan detail agar dapat terhindar dari korsleting dan kerusakan yang terjadi pada beberapa komponen elektrikal terdapat didalamnya.

Tips Membersihkan Mesin
(sumber: Medcom.id)

Ucap salah satu pemilik bengkel otomotif di Jakarta Selatan “Biasanya untuk membersihkan ruang mesin itu menggunakan degreaser,” Selain itu juga, Andre mengatakan sebelum anda mencuci ruang mesin sebaiknya anda cari terlalu dahulu dimana posisi komponen elektrikal yang terdapat didalamnya.

“Untuk posisi ECU, sekring dan beberapa komponen yang terhubung dengan elektrikal, sebaiknya anda tutup dengan menggunakan plastic. Dan usahakan pada bagian tersebut tidak terkena air ,” terang Andre lagi.

Langkah selanjutnya adalah setelah memastikan komponen pada elektrikal dirasa aman, maka menyiapkan water spray.

“Jadi langkah selanjutnya adalah dengan menyemprot dengan menggunakan air biasa pada bagian yang anda ingin bersihkan kecuali pada bagian yang telah di cover tadi,” terang Andre.

Langkah selanjutnya adalah menyemprotnya dengan menggunakan air, setelah itu baru menggunakan degreaser. “Semprot dengan menggunakan degreaser sambil menyikatnya pakai sikat gigi atau menggunakan engine brush,” terang Andre lagi.

Membersihkan Ruang Mesin Mobil
(sumber: OtoDriver)

Sesudah mengaplikasikannya dengan degreaser, langkah selanjutnya adalah dengan menyemprot kembali pada bagian tersebut dengan menggunakan air.

Setelah semua dirasa bersih, langkah selanjutnya adalah dengan menyemprotnya dengan menggunakan kompresor angin. Hal ini bertujuan agar sisa air pencucian tadi agar segera langsung turun.

Andre juga mengimbuhnya agar tidak terlalu lama untuk membersihkan pada bagian mesi tersebut, pasalnya dapat menimbulkan kerak.

“Setelah selesai dimandikan, diamkan selama 2 jam, kemudian jangan langsung menstarter mobil dikhawatirkan akan ada beberapa komponen yang akan terjadi korsleting pada komponen elektrikal tersebut,” terang Andre.

Nah, itulah tips membersihkan ruang mesin yang benar dan aman yang dapat kali ini admin sampaikan. Dipraktikan pada saat anda melakukan pencucian mobil ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *