Tips Menghilangkan Pikiran Negatif Dari Dalam Diri

Pikiran negatif juga sangat berkontribusi pada kesehatan mental yang akhirnya menimbulkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan. Coba untuk melakukan 5 tips ini untuk membantu menghilangkan pikiran negatif dari dalam diri

Tips Menghilangkan Pikiran Negatif dari Dalam Diri

Wanita sedang melakukan meditasi sebagai cara untuk menghilangkan pikiran negatif dari dalam pikiran dan hati.

Sebagai manusia, pikiran dan tubuh kita saling terkait satu sama lain. Bagaimana tubuh merespon sangat dipengaruhi oleh apa yang dipikirkan. Termasuk pikiran negatif. Misalnya, ketika sering berpikir negatif tubuh juga menjadi mudah sakit, gampang lelah, gangguan lambung, sulit tidur, nafsu makan menurun atau meningkat, dan sebagainya.

Negatif Thinking

Pikiran negatif juga sangat berkontribusi pada kesehatan mental yang akhirnya menimbulkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan. Tentu saja, kondisi ini dapat mengganggu kinerja dan hubungan sosial. Bila dibiarkan terus menerus, pikiran negatif dapat mendatangkan berbagai penyakit. Lantas bagaimana menghilangkan pikiran negatif? Berikut ini ada beberapa tips untuk mengusir pikiran negatif dari dalam diri.

Membaca dan Membuat Cerita Menarik

Membaca cerita menarik

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengusir pikiran negatif adalah dengan membaca atau menulis sebuah cerita menarik. Salah satunya kamu bisa memanfaatkan media wanita Urbanwomen. Dimana kamu bisa bercerita dan membagikan tulisanmu untuk dibaca banyak orang.  

Menulis cerita menarik
Gambar. Doc: Forbes

Yah, cerita yang menarik dan penuh inspirasi yang kamu tulis tentunya akan menimbulkan banyak respon dari orang lain. Selain itu media wanita Urbanwomen juga menyajikan berbagai cerita inspiratif dari para perempuan Indonesia. Banyak sekali hal-hal positif yang bisa kamu ambil sebagai sumber inspirasi dan motivasi diri. Sehingga tentu saja kegiatan ini akan membuatmu selalu berpikir positif, dan secara tidak langsung pikiran negatif dalam diri kamu pun akan hilang dengan sendirinya.

Pahami Gaya Berpikir

Pahami gaya berpikir
Seorang wanita yang sedang berfikir. (Google; Doc. EatThis)

Kunci sukses mengubah pikiran negatif adalah memahami bagaimana kamu berpikir negatif dan penyebabnya. Tuliskan pikiran negatifmu serta pikirkan kerugiannya bagi diri. Dengan cara ini, kamu bisa melakukan strategi untuk mengubah pikiran atau setidaknya mengurangi pikiran itu agar tidak mempengaruhi diri kita.

Baca Juga  Anak Mengalami Plagiocephaly, Bagaimana Mengatasinya?

Fokus pada Kekuatan Diri

Fokus pada kekuatan diri

Pada umumnya manusia lebih memikirkan hal negatif dan mengabaikan hal positif. padahal, berpikir negatif hanya mendatangkan keburukan bagi fisik dan psikis. Sebaiknya, berfokus pada hal hal positif seperti kekuatan diri. Sebab, semakin kita fokus pada kekuatan diri serta tidak memikirkan kesalahan yang dibuat, semakin mudah berpikir positif tentang dirimu dan pilih yang diambil. Cobalah meluangkan waktu untuk memikirkan sesuatu yang kamu sukai tentang dirimu.

Lakukan Meditasi Secara Rutin

Lakukan meditasi secara rutin
Wanita yang melakukan meditasi di kamar. (Gambar. Doc: The Leddres)

Dari berbagai penelitian, banyak yang mengungkapkan bahwa meditasi memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan psikologis, salah satunya keluar dari pikiran negatif. Dengan meditasi, membantu kamu melepaskan sekaligus mengendalikan diri juga emosi dari pikiran negatif sehingga lebih tenang. Kamu bisa melakukan meditasi sehari sekali agar terhindar dari pikiran negatif.

Mencari Dukungan

Mencari dukungan
Wanita yang memeluk temannya sebagai sebuah dukungan. (Gambar; Doc: TeenLife)

Jika suatu waktu pikiran negatif menjadi berlebihan atau mulai mengganggu aktivitas sehari-hari, artinya kamu sudah dikendalikan pikiran dan memerlukan bantuan untuk mengatasinya. Jangan ragu mencari dukungan jika kamu merasa membutuhkannya. Ada banyak sekali orang yang bersedia dan ingin membantu. Kamu bisa meminta bantuan teman-teman atau profesional seperti psikolog. Demikian lah beberapa langkah untuk mengusir pikiran negatif dari dalam diri.

Untuk kamu yang suka membaca dan menulis artikel, dapat mengikutsertakan diri Anda untuk menulis di website Urbanwomen.org. Pasalnya, dengan membaca berbagai kumpulan kisah inspiratif dari orang lain, kita bisa intropeksi diri. Semoga informasi ini bermanfaat ya ladies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *