Yuk, Kita Pahami Tahap Perkembangan Bayi 3 Bulan

Untuk para orangtua, berikut ini 6 tahapan perkembangan bayi untuk usia 3 bulan yang harus diperhatikan sehingga orangtua bisa melihat tumbuh kembang si buah hati.

Perkembangan Bayi 3 Bulan

Tak bisa dipungkiri lagi, bahwa keinginan untuk memiliki seorang anak itu merupakan dambaan bagi setiap para pasangan suami istri. Itu sebabnya, mengapa mereka akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa setelah dikaruniai seorang anak. Pada setiap bulannya, bayi akan mengalami perkembangan dan pertumbuhan yang cukup signifikan. Terutama di usianya yang ke 3 bulan, dimana si kecil sedang dalam masa pertumbuhan yang sangat pesat. Lantas, seperti apakah tahap perkembangan bayi 3 bulan? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari sama-sama kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini :

1. Ukuran Fisik Pada Bayi 3 Bulan

Dilansir dari berita hari ini, bayi yang memasuki usia ke 3 bulan, bayi anda akan terus mengalami perkembangan yang berupa bertambahnya berat badan dan ukuran panjang tubuhnya. Menurut informasi yang didapat, bayi laki-laki yang berusia 3 bulan itu mempunyai bobot badan sekitar 5 sampai 9 kg, dengan panjang tubuhnya yang mencapai 65,3 cm. Berbeda dengan bayi perempuan, yang memiliki berat badan sekitar 4 sampai 7 kg, dengan panjang tubuhnya yang mencapai 55,8 sampai 63,8 cm.

2. Bayi Anda Akan Senang Saat Diajak Bermain

Bayi anda akan senang jika diajak bermain, dan ia juga sering memainkan tangannya dengan cara memasukkan kedalam mulut atau memukul-mukul tanpa arah yang jelas. Anda harus terus mengawasinya, si kecil agar tidak menghisap jari-jarinya secara terus-menerus. Tak hanya itu, di usianya yang ke 3 bulan ini juga si kecil sudah bisa membuka dan menutup jarinya, serta selalu memperhatikan keadaan sekitarnya.

Tahapan Perkembangan Bayi 3 Bulan
Sumber Gambar : The Asian Parent

3. Perkembangan Indera Peraba Bayi 3 Bulan

Dari segi indera peraba, tangan bayi sudah mampu merasakan berbagai jenis tekstur benda seperti lembut, kasar, berbulu, berongga, dan lain sebagainya. Tak hanya itu saja, bayi anda pun sudah bisa menggemgam sesuatu benda dengan genggaman yang erat. Mengingat si kecil selalu memasukkan benda apa saja kedalam mulutnya, maka anda jangan sampai lengah dalam mengawasinya.  

Baca Juga  Pantau Perkembangan Kehamilanmu Sejak Dini

4. Kakinya Sudah Mulai Menendang-nendang

Inilah momen-momen yang paling menggemaskan di usianya yang ke 3 bulan, dimana bayi anda sudah bisa menjulurkan kakinya sambil menendang-nendang. Hal ini dikarenakan sendi-sendi pada bagian lutut dan pinggulnya sudah semakin fleksibel, sehingga dengan menendan-nendang ini juga merupakan salah satu cara untuk melatih kekuatan otot-ototnya. Apabila si kecil sedang menendang-nendang, anda harus membiarkannya agar pertumbuhan dan perkembangan kakinya optimal.

5. Seakan-akan Mengerti Pada Perkataan Orang Lain

Tahap perkembangan bayi berusia 3 bulan berikutnya yang harus anda ketahui, yakni dimana si kecil seakan-akan mengerti pada perkataan orang lain. Saat anda mengajaknya berbicara, maka ia akan langsung menatap dengan penuh fokus terhadap anda sembari sedikit bergumam. Meski sebenarnya ia belum mengerti, namun tidak ada salahnya jika anda terus mengajaknya bicara sehingga kemampuan kecerdasan otaknya semakin terasah. Selain itu, si kecil sudah bisa berkata-kata seperti “nanana, tatata, bababa”.

6. Sudah Mengetahui Wajah Keluarganya

Saat diajak pada tempat yang ramai, si kecil yang berusia 3 bulan ini sudah hafal dengan wajah orang-orang terdekatnya terutama pada kedua orangtuanya. Ketika anda menghampirinya, maka ia akan tersenyum manis sambil menggerak-gerakan tangannya. Apabila anda pergi meninggalkannya, maka si kecil akan menangis dan menunjukkan ekspresi bahwa ia ingin digendong. Ada hal lain yang menarik lagi dari perkembangan bayi 3 bulan, dimana ia juga sudah bisa mengenali suara keluarganya. Bahkan, si kecil aka cuek atau menangis saat berhadapan dengan orang-orang asing yang tidak dikenalinya.  

Itulah tahap-tahap perkembangan bayi 3 bulan, yang mungkin saja bisa membantu anda untuk mendukung dalam pertumbuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *