Yuk, Lakukan Peregangan Ini Sebelum Tidur Agar Tubuh Rileks!

Peregangan Sebelum Tidur Agar Tubuh Rileks

Gambar: Dok. Times Indonesia

Susah tidur di malam hari padahal sudah waktunya jam tidur? Jika ya, mulai dari sekarang cobalah untuk melakukan beberapa peregangan berikut. Dipercaya, melakukan peregangan-peregangan ini dapat membantu merilekskan tubuhmu yang kelelahan. Di samping itu, dengan mencoba peregangan ini membuat tidur pun menjadi lebih nyenyak. Untuk itu, kamu sangat disarankan untuk melakukannya dan jadikan sebagai rutinitas olahraga malam yang akan membuat tubuhmu rileks dan sehat.

Beberapa peregangan-peregangan tersebut adalah sebagai berikut seperti yang dirangkum dari situs hellosehat.com. Here we go!

1. Reclining Bound Angle Pose

Reclining Bound Angle Pose
Gambar: Dok. Pinterest

Salah satu peregangan yang bisa kamu coba adalah reclining bound angle pose. Peregangan ini dapat membantu mengurangi ketegangan yang terjadi pada otot pinggul dan selangkanganmu. Peregangan ini cocok untuk kamu yang lebih banyak menghabiskan waktu duduk seharian atau pekerjaannya yang lebih banyak duduk. Caranya?

  • Duduklah di lantai dengan posisi kedua telapak kaki saling bertemu. Yang mana, posisi ini secara otomatis membuat kaki tertekuk & terbuka lebar.
  • Selanjutnya, turunkan tubuh sampai punggung menyentuh lantai. Agar semakin nyaman, taruh bantal di bawah lutut.
  • Lalu, letakkan tangan di samping badan (atau posisi yang nyaman menurutmu).
  • Tariklah napas dan rasakan relaksasinya dari pinggang serta paha.
  • Tahanlah gerakan ini kurang lebih 5 – 8 menit.

2. Legs Up The Wall

Legs Up The Wall
Gambar: Dok. Lessons.com

Selain itu, kamu juga bisa melakukan peregangan yang disebut dengan legs up the wall. Melakukan peregangan ini dapat mengembalikan kenyamanan leher, bahu, maupun punggung yang kaku akibat seharian bekerja. Cara melakukannya pun mudah, di mana kamu tinggal melakukan beberapa gerakan berikut, di antaranya:

  • Berbaringlah dengan posisi kaki diangkat dan menempel ke dinding.
  • Tempelkan pinggul dan kaki ke dinding serapat mungkin. Supaya lebih nyaman, kamu bisa menaruh bantal di bagian bawah pinggul.
  • Selanjutnya, letakkan tangan di samping tubuh atau mengangkatnya ke atas.
  • Lalu, tahan posisi ini selama 5 – 8 menit. Lakukan peregangan ini setiap malam agar tubuh menjadi lebih rileks.
Baca Juga  Seperti Inilah Tanda-tanda HIV Yang Harus Kalian Ketahui

3. Child’s Pose

Child’s Pose
Gambar: Dok. Well+Good

Kamu juga bisa melakukan peregangan child’s pose. Di mana, peregangan ini tidak hanya membantu tubuhmu menjadi rileks, namun juga ampuh dalam mengurangi stres, mengatur pernapasan dengan baik, dan mengurangi rasa sakit akibat kekakuan pada leher, bahu, punggung, dan tubuh lainnya. Bagaimana melakukannya? Simak langsung, yuk!

  • Duduklah dengan lutut menyentuh lantai dan bokong menyentuh bagian tumit kaki.
  • Lemaskan kaki dan lutut di lantai lalu biarkan tubuh seperti tengkurap ke bagian depan dengan posisi wajah menghadap ke lantai.
  • Rentangkan kedua telapak tangan sejajar dengan bahu dan lemaskan. Supaya lebih nyaman, kamu bisa menambahkan bantal di atasnya.
  • Lalu, tariklah napas secara perlahan melalui hidung dan keluarkan melalui mulut.
  • Tahan posisi ini selama kurang lebih 3 – 5 menit.
  • Peregangan ini bisa dilakukan bersamaan dengan peregangan lainnya agar tubuh mendapatkan jeda untuk beristirahat.

Selain melakukan beberapa peregangan di atas, kamu pun disarankan melakukan peregangan ini, seperti:

  • Neck Stretches yang dapat membantu meredakan otot leher, kepala, bahu yang tegang dan bisa dilakukan selama kurang 8 detik.
  • Bear Hug bermanfaat untuk melemaskan otot-otot yang terdapat pada bagian punggung.
  • Seated Forward yang membantu merilekskan bahu, punggung, paha, dan otot kaki pada tubuh.

So, mau tubuh lebih rileks ketika malam hari dan tidur menjadi lebih nyenyak lakukan peregangan-peregangan tersebut! Selamat mencoba, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *