Yuk Pahami Lebih Dalam Mengenai Apa Itu Logistik

Anda pasti sudah tahu apa itu logistik. Namun, apakah Anda tahu apa saja cakupan dari logistik? Cek di sini penjelasan lengkapnya!

Logistik

Jika Anda seorang pebisnis online, kemungkinan besar bisnis Anda berhubungan dengan pengiriman barang. Anda pasti sudah tahu apa itu logistik. Namun, apakah Anda tahu apa saja cakupan dari logistik?

Kebanyakan orang memahami logistik sebagai pengadaan dan juga distribusi. Padahal, aktivitas logistik itu sangat banyak. Tidak hanya berupa pengadaan dan distribusi.

Aktivitas-Aktivitas Logistik yang Harus Anda Ketahui

Sebenarnya, logistik juga diartikan dengan kegiatan menyediakan hingga mendistribusikan barang sampai tujuan yang sudah ditentukan. Di antara proses menyediakan hingga distribusi ini, terdapat beberapa kegiatan. Dan itu semua yang disebut dengan kegiatan atau aktivitas logistik.

Aktivitas Logistik

Yang pertama pelayanan pelanggan. Penyedia jasa logistik harus memberikan pelayanan kepada klien. Bagian yang memberikan pelayanan semacam ini disebut juga dengan CS. Tugasnya adalah berkomunikasi dengan klien serta menerima barang dari klien.

Aktivitas yang kedua adalah inventory management atau manajemen ketersediaan. Beberapa perusahaan memiliki tim khusus di bagian logistik, terutama di bagian ketersediaan. Tim tersebut bertanggungjawab untuk memastikan ketersediaan barang sehingga pelanggan yang order tidak kecewa lantaran barang habis.

Aktivitas selanjutnya adalah packaging atau pengemasan. Sebelum dikirim, barang harus dikemas terlebih dahulu. Ini dilakukan agar barang aman hingga tujuan. Jadi, pengemasan ini tidak hanya untuk estetika saja melainkan juga untuk keamanan.

Aktivitas yang tak kalah penting lagi adalah penyimpanan. Saat ini, ada beberapa penyedia jasa logistik yang sekaligus menawarkan manajemen gudang. Jadi, Anda sebagai pebisnis online bisa memiliki gudang di beberapa tempat. Dengan manajemen gudang seperti ini, pengiriman barang lebih cepat dan biaya kirim bisa ditekan.

Memilih Jasa Logistik yang Kredibel

Layanan pengiriman barang bagi pebisnis online menjadi sangat penting. Kecepatan pengiriman dan juga keamanan harus menjadi prioritas. Makanya, saat memilih jasa pengiriman, dua hal tersebut harus dipertimbangkan secara matang-matang.

Baca Juga  Mengenal Alat Berat Trenchers

Selain itu, penyedia jasa logistik juga memberikan layanan khusus yang menjadi pembeda dengan kompetitor. Misalnya layanan antar di hari yang sama yang diberikan oleh Jasa Logistik Selog Express. Ini merupakan salah satu lini perusahaan PT. Serasi Autoraya yang bergerak di bidang logistik. Mereka ingin menjadi perusahaan pengiriman terbaik dengan cara memberikan layanan tercepat.

Memilih Jasa Logistik yang Kredibel

Perusahaan ini juga berani meyakinkan bahwa barang yang begitu besar dan berat tidak bisa diantar. Mereka bisa memastikan selalu ada space untuk barang-barang seperti ini. Ada tiga standard services yang diberikan, yaitu:

1. Sameday Service

Ini merupakan layanan tercepat di mana Anda bisa mengirim barang sekarang dan sampai di tujuan di hari yang sama.

2. Next Day Service

Ini layanan di mana Anda bisa mengirim sekarang dan besok bisa langsung diantar.

3. Regular Service

Ini layanan biasa di mana barang akan sampai sesuai dengan kapan box atau truk pengiriman berangkat.

Saat Anda melakukan pengiriman, Anda bisa tracking secara real time. Di situs Selog Express, tersedia fasilitas tracking. Anda hanya perlu memasukkan nomor resi kemudian Anda tahu di mana posisi barang yang Anda kirim.

Selog Express, Jasa Pengiriman

Memang Selog Express ini adalah pendatang baru. Akan tetapi, sudah banyak pebisnis online dan juga ecommerce yang percaya dengan layanan yang diberikan. Pelayanan yang terbaik dan konsisten menjadi hal yang diprioritaskan oleh perusahaan.

Dengan harapan mereka bisa menjadi leader di bisnis logistik. Ini juga sekaligus menjadi cara di mana perusahaan memberikan kontribusi yang positif dalam dunia bisnis online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *