Trik Menemukan Recruitment yang Tepat Sesuai Bisnis

Proses merekrut kandidat baru dalam perusahaan seringkali diremehkan oleh beberapa pihak. Padahal proses ini berpengaruh besar dengan kemajuan perusahaan di masa mendatang. Untuk itulah, dibutuhkan trik tertentu dalam merekrut kandidat agar sesuai dengan yang dibutuhkan. Apa saja itu? Cek di sini!

Trik Menemukan Recruitment yang Tepat Sesuai Bisnis

Gambar: Forbes.com

Proses merekrut kandidat baru dalam perusahaan seringkali diremehkan oleh beberapa pihak. Padahal proses ini berpengaruh besar dengan kemajuan perusahaan di masa mendatang. Untuk itulah, dibutuhkan trik tertentu dalam merekrut kandidat agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Salah satunya dengan memanfaatkan recruitment software terbaik serta kemampuan psikologi recruiter dalam memahami karakter kandidat yang akan dipilih.

Trik Menemukan Recruitment yang Tepat Sesuai Bisnis

Ada beberapa trik yang bisa diterapkan dengan mudah dalam mencari kandidat yang sesuai dengan bisnis. Sayangnya beberapa cara ini sering sekali diabaikan oleh recruiter karena diburu waktu untuk segera mengisi posisi yang kosong. Adapun trik dan cara yang bisa diaplikasikan adalah:

1. Tetapkan Deskripsi Pekerjaan dan Apa Saja yang Dibutuhkan Perusahaan

Sebelum mencari kandidat, terlebih dahulu harus matang dalam memastikan kandidat seperti apa yang dibutuhkan perusahaan. Pastikan juga kemampuan dan karakter bagaimana yang harus dimiliki kandidat agar cocok mengisi posisi tersebut.

Dengan deskripsi yang jelas, maka ada tolak ukur yang bisa dijadikan pedoman bagi recruiter dalam memilih kandidat yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Pasang Iklan Sesuai Perusahaan dengan Media Potensial

Setelah memastikan kandidat yang benar-benar dibutuhkan, selanjutnya pihak perusahaan bisa memasang iklan yang sesuai dengan perusahaan. Jangan sampai hanya memperhatikan sisi menarik dari iklan tersebut namun tidak sesuai dengan perusahaannya.

Manfaatkan juga media yang paling cocok dan potensial untuk memasang iklan tersebut sesuai dengan kandidat yang diinginkan. Misalnya kandidat yang dibutuhkan harus melek teknologi, maka media yang cocok adalah internet atau aplikasi jobseeker, bukan memasang iklan secara manual dan ditempel di tempat umum.

3. Pelajari Perilaku Kandidat dengan Mengajukan Pertanyaan dan Melihat Bahasa Tubuh

Setelah ditemukan beberapa kandidat terpilih, maka manfaatkan tahap wawancara semaksimal mungkin untuk mengetahui perilaku kandidat yang paling sesuai kebutuhan. Perilaku ini bisa dipelajari dengan membaca bahasa tubuh kandidat dan mengajukan pertanyaan yang menjebak.

4. Tawarkan Gaji yang Ideal

Tentu saja penawaran gaji tidak bisa lepas dari proses rekrutmen kandidat untuk perusahaan. Pastikan gaji yang ditawarkan ideal atau sesuai dengan beban pekerjaan yang harus ditanggung. Semakin berat tanggungan pekerjaannya, tentu semakin besar gaji yang harusnya diberikan.

Tapi tetap harus menyesuaikan kemampuan perusahaan agar tidak mengalami kendala keuangan dalam internal perusahaan.

5. Manfaatkan Teknologi untuk Rekrutmen yang Lebih Efisien

Untuk perusahaan besar yang jumlah pelamarnya banyak, tentu membutuhkan teknologi untuk membantu proses rekrut yang lebih cepat dan efektif. Saat ini sudah banyak tools dan software yang bisa membantu pekerjaan HR dalam mencari kandidat untuk memenuhi kebutuhan perusahaan.

Bahkan beberapa software tersebut bisa membantu dari proses memasang iklan hingga tes dan wawancara.

Shortlyst, hiring tools terbaik untuk proses rekrutmen
Gambar: Shortlyst.ai

Tools Terbaik untuk Proses Rekrutmen

Salah satu hiring tools terbaik yang sangat terkenal dalam membantu proses rekrutmen adalah Shortlyst. Tools ini sudah dibekali dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) yang bisa berpikir cerdas seperti manusia dalam proses menyeleksi kandidat sesuai kebutuhan.

Software ini juga dilengkapi dengan banyak fitur canggih yang bisa mendukung proses rekrutmen dengan lebih cepat, efektif, dan nyaman bagi kandidat. Hebatnya, teknologi yang ada dalam tool Shortlyst memungkinkan seseorang untuk mengakses lebih dari 600 juta profil sekaligus dengan cepat.

Dengan segala fitur dan kecanggihan teknologi yang ditawarkan, software ini ternyata hanya dijual dengan harga sekitar 23 USD saja. Padahal didalamnya juga memungkinkan pengguna untuk mengintegrasikannya dengan email, linkedin, Whatsapp, serta Slack.

Selain beberapa trik di atas, masih ada banyak cara lainnya yang bisa diterapkan untuk membantu recruiter dalam mencari dan menyeleksi kandidat perusahaan. Tapi jika mau memanfaatkan teknologi recruitment software, tentu saja semua trik tersebut bisa dirangkum hanya dalam satu aplikasi yang praktis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *